PPIH Daker Mekah Kebut Persiapan Penyambutan Kedatangan Jamaah

Mekah – Seiring semakin dekatnya pelaksanaan ibadah haji, Petugas Daker Mekah mematangkan persiapan penyambutan jamaah haji baik gelombang 1 dari Madinah maupun gelombang 2 dari Jeddah.

Beberapa persiapan yang terus dilakukan diantaranya adalah koordinasi dengan pihak hotel yang telah disewa, pengecekan perlengkapan pemondokan jamaah, persiapan rute bis shalawat. Sesuai jadwal, jamaah haji gelombang pertama tiba di Mekah Ahad (14/7) adalah jamaah asal embarkasi Surabaya dan Batam.

“Pada tahun ini, banyak sekali peningkatan layanan jamaah yang dilakukan oleh Kemenag dan PPIH Arab Saudi guna memberikan rasa nyaman dalam pelaksanaan ibadah haji,” ujar Muhammad Ruhiyat Harire, kontributor TQNNews yang bertugas di Mekah.

Menurut Haririe peningkatan layanan antara lain tersedianya layanan bus shalawat untuk semua jamaah di Mekah, penambahan jumlah makan untuk jamaah di Mekah yang menjadi 40x dengan peningkatan kualitas menu makanan.

Persiapan dan koordinasi di lapangan. (Foto: M. Ruhiyat Harire)

“Kualitas pemondokan, dan sistem fast track untuk jamaah dari Embarkasi JKG dan JKS juga telah disiapkan,” sambung mahasiswa Fakultas Ushuluddin Jurusan Studi Islam Universitas Islam Omdurman, Sudan.

Per 14 Juli 2019 jamaah haji dari Madinah akan mulai bergerak di Mekah setelah selesai melaksanakan shalat Arbain di masjid Nabawi dan akan langsung melaksanakan umrah qudum di hari yang sama. Tampak Masjidil Haram sudah mulai dipadati oleh jamaah haji dari berbagai negara.

Untuk mengatasi jamaah yang tersesat di masjid, PPIH Arab Saudi membentuk Sektor Khusus di Masjidil Haram guna menyisir seluruh penjuru masjid sehingga diharapkan jamaah tidak perlu kuatir lagi tidak dapat pulang ke hotelnya dikarenakan lupa arah. (Hari/Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...