Profil IBU BELLA Pontren Suryalaya

Sejarah

Ibu BELLA adalah perkumpulan akhwat TQN Pontren Suryalaya yang didirikan oleh Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin qs (Abah Anom) pada 6 September 1966 bertepatan dengan tanggal 19 Jumadil Awwal 1386 H.

Tujuan awal Pangersa Abah Anom membentuk IBU BELLA untuk membantu kegiatan pesantren dalam urusan dapur umum. Seiring dengan perkembangan Pesantren Suryalaya, IBU BELLA menjadi perkumpulan akhwat TQN yang bergerak di bidang sosial, keagamaan, pendidikan, dan usaha.

Pada mulanya IBU BELLA adalah bagian dari Yayasan Serba Bakti (YSB) Pontren Suryalaya. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, Pasal 11 ayat 2, IBU BELLA resmi berstatus perkumpulan otonom, berbadan hukum sejak tanggal 25 Januari 2019. Sesuai dengan statusnya sebagai perkumpulan berbadan hukum, maka IBU BELLA dapat membuka kantor cabang atau perwakilan dan memiliki anggota.

Pangersa Abah Anom memberi nama perkumpulan IBU BELLA dengan arti yang sangat dalam. Kata BELLA berasal dari akronim “Beres Laku Lampah” sinonim dari kata “Cageur Bageur, Lahir Batin” sebagaimana dimaksud dalam tanbih. Dalam Bahasa Indonesia berarti ibu-ibu yang memiliki perilaku baik lahir dan batin. Baik dalam bertindak, berpikir, bertutur kata dan beribadah sesuai dengan pengamalan tanbih.

Filosofi Logo

Kata IBU BELLA diwujudkan dengan lambang bunga teratai yang memiliki kelopak putih, benang sari kuning dengan batang dan daun berwarna hijau. Bunga teratai menggambarkan keanggunan, keindahan, kesejukan dengan akar yang kokoh menancap kuat di dalam lumpur di bawah permukaan air.

Kelopak bunga putih yang mekar menandakan IBU BELLA adalah sosok yang lembut, indah, suci, dan damai. Benang sari yang kuning kemilau menandakan kehangatan, optimisme, setia, dan bijaksana.

Daun hijau yang berbentuk lebar dan tebal menggambarkan kemakmuran dan kesuburan dalam kehidupan secara lahir dan batin. Batang hijaunya mencerminkan kemandirian dan tangguh. Akarnya yang meskipun tak nampak merupakan penggambaran kekokohan IBU BELLA sebagai wadah persatuan seluruh akhwat TQN Pontren Suryalaya.

Visi dan Misi 

Visi : Mewujudkan Akhwat TQN Pontren Suryalaya Berakhlak Tanbih

Misi :

  1. Memelihara kesetiaan pengurus dan anggota terhadap kemursyidan Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin (qs).
  2. Membina kegiatan keagamaan dan pengamalan ajaran TQN Pontren Suryalaya, dalam usaha mewujudkan muslimah shalehah yang beres laku lampah (cageur bageur, lahir batin) untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.
  3. Menumbuh kembangkan kepedulian sosial, kemanusiaan, kewirausahaan dan berbagai aktivitas produktif sebagai wujud pengabdian terhadap agama dan negara.
  4. Mewujudkan peran aktif akhwat dalam membina keluarga sakinah, mawaddah, warahmah sebagai pondasi kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dikutip dari Buku Pelantikan Badan Pengurus & Anggota IBU BELLA Jakarta, 21 Juli 2019.

 

Rekomendasi
Komentar
Loading...