Psikologi Asah

Asah adalah menggosok benda dengan benda keras agar tajam, rata, runcing, berbentuk, mengkilap atau berkilau.

Orang yang melakukan kegiatan asah dan alat untuk melakukan asah disebut sebagai pengasah. Pengasah itu dapat berupa batu, kristal, amplas atau gerinda.

Hasil dari proses asah disebut sebagai asahan. Asahan apakah majal (tumpul) atau tajam, gelap atau berkilau, kasar atau halus sangat dipengaruhi proses mengasah dan pengasahnya.

Bagi petani, kegiatan mengasah adalah kegiatan penting dan perlu. Alat-alat bertani seperti parang, golok, sabit, kored, kapak akan menambah beban bila majal. Semua perkakas itu perlu sudah siap dalam keadaan tajam sebelum digunakan.

Para petani memiliki kebiasaan melakukan kegiatan mengasah setelah selesai bekerja, agar esok harinya alat dalam keadaan siap dipakai. Untuk alat-alat tertentu yang membuat cepat tumpul, petani menyiapkan pengasah selama bertani, sehingga saat alat dirasakan kurang tajam, ia perlu menghentikan kegiatan bertani dan beralih ke kegiatan mengasah. Baca juga…

Dalam kehidupan kegiatan mengasah dirasakan penting. Tubuh perlu diasah dengan nutrisi, latihan dan pembiasaan. Tanda perlu mengasah tubuh adalah saat tubuh mudah lelah, lemah atau sakit.

Otak perlu diasah dengan belajar, berlatih, dan diskusi. Tanda otak perlu diasah yakni saat Anda tak mampu menanggapi obrolan orang lain, bingung atas solusi atas masalah, dan tak mampu berpikir kritis dan kreatif.

Budi perlu diasah dengan refleksi, feedback dan koreksi. Tanda budi perlu diasah saat Anda hilang kepekaan terhadap diri sendiri, pasangan, keluarga, kolega, dan sesama.

Relasi perlu diasah dengan membangun keakraban, membina kebersamaan, dan menata kebermanfaatan. Tanda relasi perlu diasah saat Anda merasa sendirian, terkucil, dan kehadiran Anda tidak dirasakan orang lain, atau kehadiran Anda justru menzalimi orang lain.

Finansial perlu diasah dengan membangun ragam sumber pendapatan, piawai dalam menata pengeluaran, dan mengelola diri menjadi tuan. Tanda finansial perlu diasah adalah saat Anda hidup dari berhutang, mudah terpengaruh untuk melakukan kredit tanpa pikir panjang akan pembayaran, tiada niat untuk membayar hutang, hidup dengan besar pasak daripada tiang, dan gali lobang tutup lobang. Baca juga…

Ruhani perlu diasah dengan penyatuan diri dengan Yang Maha, melakukan hal yang bermanfaat bagi diri, sesama, dan semesta. Tanda ruhani perlu diasah adalah saat Anda kehilangan makna hidup, mudah putus asa, tak tahu hidup ini mau diisi apa dan untuk apa.

Kegiatan asah dalam kehidupan sebagian bisa dilakukan sendiri dan kebanyakan memerlukan bantuan orang lain, yang bisa disebut sebagai pembimbing, pelatih, sparing partner, tentor, mentor. Pesaing atau musuh dalam perspektif asah, adalah mitra Anda yang akan membantu Anda mengasah diri dalam bentuk lain.

Wajar bila di logo provinsi Jawa barat tertulis SILIH ASAH, SILIH ASIH dan SILIH ASUH. Kata SILIH berarti saling. Kata saling berarti kegiatan itu minimal dilakukan 2 orang. Adanya partner, mitra, aliansi penting. Selamat mengasah diri, sahabatku.

Oleh: Asep Haerul Gani (Psikolog)

#asahasihasuh #psikologi #asephaerulgani


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi