Rektor IAILM Suryalaya: Perguruan Tinggi Berperan Cetak Agen Perubahan Sosial

Tasikmalaya – Rektor IAILM (Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah) Suryalaya mengatakan  menjadi mahasiswa berarti menjadi masyarakat pendidik.

“Perguruan tinggi bertugas membentuk masyarakat pendidik yang cakap dengan ilmu dan menjadikannya sebagai agent of social change (agen perubahan sosial),” ujar H. Iwan R. Prawiranata Ph.D., saat membuka kuliah taaruf Jumat (6/9) di Gedung Serba Guna Sukriya Bakti.

“Perguruan tinggi juga mengemban Tri Dharma, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada Masyarakat,” sambung Iwan.

Kuliah Taaruf IAILM Tahun Akadmeik 2019/2020.

Menurutnya kuliah taaruf hendaknya menjadi wahana mengenalkan iklim perguruan tinggi dan sistem lainnya kepada mahasiswa baru.

Ketua panitia Dr. H. Suhrowardi M.Ag., menyampaikan jumlah peserta kuliah taaruf IAILM tahun akademik 2019/2020 sebanyak 158 orang. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, berakhir besok Sabtu (7/9).

Empat materi yang disampaikan adalah karakter dan budaya akademik berbasis tasawuf, ke-Suryalayaan, perguruan tinggi dan nilai-nilai kebangsaan serta pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan.

Ada 2 tujuan yang hendak dicapai. Pertama membentuk dan mengembangkan mahasiswa agar menjadi manusia yang unggul, sufistik dan berkarakter. Kedua memupuk integritas sosial dan akademik yang berwawasan global. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...