Ringkasan Ceramah Manaqib, Rabiul Akhir 1441 H

Ahad (8/12) ribuan ikhwan dan akhwat TQN Pontren Suryalaya menghadiri Manakib Syekh Abdul Qadir al-Jailani (qs) di Masjid Nurul Asror Pontren Suryalaya, Tasikmalaya.

Khidmat ilmiah disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmad Tafsir, MA.

Berikut ringkasan yang disarikan oleh psikolog sekaligus human capital coach Drs. Asep Haerul Gani.

Mendidik Anak Sejak Menemukan Pasangan Hidup

Meski singkat, dalam khidmat ilmiah pada kegiatan Manaqib Syaikh Abdul Qadir al Jilani 11 Rabiul Akhir 1441 H, Prof. Dr. Ahmad Tafsir, MA menyampaikan tema pokok Parenting.

  1. Godaan terbesar bagi orang tua khususnya Ibu dalam mendidik anak adalah “rasa kasih sayangnya kepada anak”. Saking sayangnya kepada anak, maka tidak dapat mendisiplinkan anak, maka akhirnya malah tidak mendidik anak.
  2. Mengutip penelitian disertasi Alm. Prof. Dr. Baihaqi, pendidikan anak tidak hanya dimulai sejak anak lahir, tetapi lebih awal sejak dalam kandungan, bahkan sejak memilih jodoh. Pilihlah jodoh yang baik. Calon ayah dan ibu adalah guru terbaik bagi anaknya kelak.
  3. Hal terpenting dalam pendidikan anak adalah mendidik kemandirian. Hal ini perlu dilatih sejak kecil. Bila anak jatuh, luka dan menangis, orang tua perlu membiarkan anak berjuang sendiri. Biarkan dia bangun sendiri. Bila mengalami kesulitan, jangan langsung dibantu, itu akan menjadi kebiasaan.
    Belajar tega, sehingga anak mampu mengatasi masalahnya sendiri. Latih anak berdiri di atas kaki sendiri sehingga anak terbiasa membuat keputusan sendiri.
  4. Kepada anak yang sudah remaja, orang tua perlu berlatih membangun strategi berkomunikasi sehingga anak memandang orang tua sebagai sahabat yang dapat menjadi tempat curhat, bercerita, berdiskusi.
Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...