Safari Dakwah Kyai Kholil Said di Kepri (2)

Batam – Manaqib Sabtu malam kemarin (30/9) memang sangat berkesan. Batam kedatangan ikhwan dan akhwat TQN Suryalaya dari Singapura. Kehadiran mereka tentunya semakin menambah keakraban antar sesama murid Abah. Alhamdulillah Kyai Kholil Said menyampaikan talqin bagi jamaah baru yang ingin belajar dzikir.

Selepas talqin dzikir, jamaah tidak beranjak dari duduknya. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada ulama Banten ini. “Padahal saat itu sudah lewat tengah malam, dan Kyai Kholil besok pagi masih ada acara tabligh akbar di Masjid Baitul Adzim Puri Legenda,” ujar Hendriyanto, penggerak TQN Batam.

Esok hari, ahad (1/10) Kyai Kholil ceramah Peringatan Tahun Baru Islam di Masjid Baitul Adzim, Puri Legenda. Yang menarik, materi yang disampaikannya mengundang jamaah untuk mendalami dzikrullah. Walhasil selepas ceramah beberapa jamaah menghampiri beliau, minta diajarkan dzikir yang benar, yang tembus ke dalam manah.

Di malam hari Kyai Kholil memenuhi undangan Masjid Muttaqin, Perum Graha Permata Indah Cluster Dahlia Tiban-Sekupang. Ia diminta untuk mengisi ceramah dalam rangka memperingati 1 Muharram. Di masjid ini kyai mengajak seluruh jamaah shalat isya merasakan kenikmatan dzikir jahar. Setelah Ust Norcholis melanjutkan dengan dzikir khatam, barulah Kyai Kholil menyampaikan tausiyahnya.

“Jika kita ingin masuk surganya Allah, maka perbanyaklah dzikir kepada Allah. Siapa yang wafat dalam keadaan berzikir kepada Allah, maka dia pasti masuk surga”, tegasnya sambil mengingatkan bahwa itu bukan katanya, tapi Allah yang berjanji.

“Apakah kalau nanti wafat, mau masuk surga?” Tanya KH. Kholil ke jamaah. Serentak jamaah menjawab: “mau!!”

Selanjutnya ia menyampaikan jika ingin masuk surga, penting untuk belajar dzikir. “Maka kita perlu praktek kalimat dzikir yang paling utama,” terang Kyai Kholil saat menjelaskan tentang dzikir jahar dan dzikir khafiy.

Di akhir tausiyah wakil talqin yang diangkat Pangersa Abah pada 1 Desember 2007 ini menyampaikan talqin dzikir kepada jamaah. “Silahkan perbarui wudhu jika sudah batal. Kita sama-sama belajar dzikir yang sangat berguna untuk keselamatan di dunia dan akhirat.” jelasnya sebelum memulai talqin.

Senin siang (2/10/2027), safari dakwah KH. Kholil Said di Kepulauan Riau pun berakhir. Bagi ikhwan dan akhwat TQN Suryalaya yang ada di Batam, kedatangan wakil talqin merupakan sebuah anugrah. “Kita berharap sekali sebulan ada wakil talqin yang datang ke Kepri ini,” kata Kang Rohman. Selesai. (Hendriyanto)

Rekomendasi
Komentar
Loading...