Selamat Hari Pangan Sedunia, Ini 3 Tantangan Memenuhi Ketersediaan Pangan Berkualitas

Jakarta – Hari ini Rabu 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia atau World Food Day.

Tema yang diangkat adalah “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” atau Our action are our future,healhty diets #zerohungerworld.

Menjadi lumbung pangan dunia bukan perkara mudah, perlu kerja keras berbagai pihak untuk mewujudkannya. Masalah pangan tidak bisa berdiri sendiri, karena terkait dengan banyak bidang. Ada 3 tantangan yang perlu kita hadapi.

1. Ancaman perubahan iklim
Meningkatnya suhu bumi, cuaca ekstrem ditambah dengan populasi global mendorong permintaan energi. Konsumsi energi yang berlebihan semakin menyebabkan perubahan iklim. Walhasil memengaruhi ketersediaan pangan.

Peningkatan jumlah penduduk harus bisa diimbangi dengan peningkatan produksi pangan dan ketersediaan lahan.

2. Berkurangnya keragaman
Prof. Emil Salim dalam sebuah diskusi tentang “Keberagaman sebagai Jawaban Sumber Pangan ke Depan”, pada Juli 2019 mengutarakan pembangunan infrastruktur tidak hanya untuk manusia melainkan hewan dan ekosistemnya.

“Bisakah kita menjadi jago pangan dengan tetap menjaga keanekaragaman hayati? Bagaimana meningkatkan produksi beras dengan tetap meningkatkan keragaman sumber pangan lainnya?”.

3. Kandungan gizi
Berbagai bentuk kekurangan gizi bisa terjadi pada keluarga yang sama dan diturunkan generasi ke generasi. Kualitas pangan dan akses mendapatkan makanan yang sehat sering menjadi kendala khususnya bagi masyarakat kurang mampu.

Lalu apa yang bisa kita perbuat? Banyak. Salah satunya adalah kurangi membeli makanan yang prosesnya membutuhkan banyak air. Apalagi jika kemasannya terlalu boros bahan.

Selamat Hari Pangan Sedunia! (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...