Sering Manaqib Menggunakan Sepeda Motor Matik? Kamu Perlu Ketahui Ini

Sepeda motor telah menjadi alat transportasi yang banyak dipakai oleh berbagai kalangan. Tua, muda, laki, perempuan mengendarainya untuk keseharian.

Tidak sedikit ikhwan TQN Pontren Suryalaya yang hadir manaqib menggunakan sepeda motor.

Nah akhir pekan ini redaksi ingin berbagi kepada kamu, komponen sepeda motor matik yang rawan mengalami kerusakan dan harus mendapat perhatian khusus. Yuk kita simak informasinya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Ban

Diameter ban sepeda motor matik lebih kecil daripada motor manual. Akibatnya putaran ban lebih banyak sehingga ban jadi lebih cepat aus.

Jika kamu menemui ban sudah mulai aus sebaiknya langsung diganti, jangan menunggu hingga botak. Wajib diperhatikan.

2. Kampas rem

Menggunakan rem secara bersamaan pada sepeda motor matik membuat kampas rem lebih cepat habis. Terlebih lagi jika kebiasaan kamu tetap menekan tuas rem sambil memutar gas, kompenen ini makin lebih cepat habis.

3. Kopling

Pada sepeda motor matik bagian kopling yang berputar lebih banyak seperti mangkuk kopling, roller, per dan lainnya. Makin sering digunakan, risiko kopling rusak semakin besar.

4. Drive belt

Sepeda motor matik bergerak menggunakan sabuk karet atau disebut driver belt. Karet inilah yang menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sehingga komponen ini selalu bekerja. Berbeda dengan sepeda motor manual yang bergerak bergantung pada rantai.

Inilah yang menjadi kelemahan sepeda motor matik. Jika sering digunakan jarak jauh dan mengebut, bagian ini berpeluang cepat aus. Kamu harus sering memeriksa bagian ini. Jika sudah kaku atau keras, segera ganti.

Oke, sekarang kamu sudah tahu komponen sepeda motor matik yang rawan rusak. Sering-seringlah periksa agar performa kendaraan tetap prima. Sehingga kamu bisa hadiri manaqib dengan aman dan nyaman menggunakan sepeda motor matik yang kamu punya. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...