SMPN 269 Contoh Sukses Sekolah Berkarakter Spiritual (1)

Jakarta – Pada awalnya SMPN 269 yang berlokasi di Jln. Harapan Mulia Jakarta Pusat sungguh memprihatinkan. Keadaan sekolah “amburadul” karena cukup sering menjadi tempat penyalahgunaan narkoba. “Sempat terjadi beberapa kasus remaja meninggal karena Over Dosis (OD),” ungkap Nursidin, guru SMPN 269.

Sekolah dengan siswa sebanyak 700-an yang berdiri di bekas lahan kuburan terkadang memberikan kesan seram dan angker bagi lingkungan sekitar. Menurut Nursidin, “hampir tiap bulan sering terjadi kesurupan massal.”

RT, RW dan kelurahan kesulitan untuk menghadapi kondisi lingkungan sekolah yang kumuh, semrawut dengan siswa yang sulit diatur. Begitupun kepala sekolah yang mendapat tugas di sana. Ketika kepala sekolah mencoba menertibkan perilaku siswa yang di luar batas normal, yang didapat adalah pertentangan dari siswa dengan caci maki. “Bahkan ada yang menantang berkelahi,” ujarnya.

Di sekolah ini ada masjid yang lebih sering kosong melompong. Kegiatan keagamaan tidak jalan, dalam ibadah keseharian, mungkin hanya sekitar 7 orang yang menunaikan shalat di masjid. Baik guru dan siswa cenderung tidak memberi perhatian dengan keadaan ini karena masing-masing sibuk dengan urusannya sendiri.

“Alhamdulillah secercah harapan perbaikan muncul di tahun 2007″ungkap Nursidin. Bersambung…

(Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...