Sufisme adalah Kehidupan Spiritual Islam

India – Sufisme adalah kehidupan spiritual dalam Islam. Mereka yang mewakili Islam menurut jalan Nabi dan para sahabatnya yang tidak pernah melangkah keluar dari garis ini. Thariqah adalah lembaga yang menggapai esensi agama dalam kerangka tasawuf dan dengan mendapatkan persetujuan Allah, sehingga memungkinkan orang untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia ini dan di akhirat kelak.

Sufisme dipraktikkan pada tingkat paling agung selama Zaman Kebahagiaan, Zaman Nabi dan Empat Khalifah, atas mereka kedamaian dan berkah. Belakangan, ajaran ini disusun berdasarkan karakter individu, tata rias spiritual, dan pemahaman orang-orang yang dapat kita sebut ‘maqam thariqah’. Ini adalah kejadian normal.

Sekarang, jika saya memiliki kemampuan untuk membaca pikiran orang, saya akan mengarahkan setiap orang ke puncak kesempurnaan yang paling tepat untuk mereka. Saya akan merekomendasikan refleksi, kontemplasi dan membaca yang berkelanjutan; Saya akan memberitahu mereka untuk mempelajari tanda-tanda Tuhan di alam semesta dan pada manusia itu sendiri; Saya akan menyarankan orang untuk sibuk mempelajari Quran. Artinya, saya memiliki kemampuan alami.

Apa yang dilakukan oleh para guru sufi tidak berbeda dari ini. Menurut karakter, sifat umum, dan komposisi orang, para guru sufi menugaskan mereka tanggung jawab agama sesuai dengan kapasitas spiritual mereka dan memungkinkan orang-orang ini untuk berkembang secara spiritual sesuai dengan kemampuan mereka. Para guru sufi bertujuan untuk membawa orang ke cakrawala kesempurnaan, yang merupakan tujuan penciptaan manusia.

Oleh: M. Fethullah Gulen
Sumber: https://economictimes.indiatimes.com/blogs/the-speaking-tree/sufism-is-the-spiritual-life-of-islam/

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...