Syekh Mohammad Adnan Afyouni Wafat, Syahid

Suriah – Mufti Damaskus Syekh Mohammad Adnan Afyouni wafat syahid, setelah mobil yang ditumpanginya meledak akibat bom yang dipasang di kendaraannya pada Kamis (22/10).

“Syekh Adnan menjadi martir pada kamis malam dalam ledakan teroris yang menargetkan mobilnya di Kota Qudsaya, Damaskus,” demikian berita yang dikeluarkan Kantor Berita Resmi Suriah, Syrian Arab News Agency (SANA).

Syekh Adnan adalah ulama sufi yang terkemuka di Suriah dan dunia Islam. Semasa hidupnya tidak pernah lelah menyerukan perdamaian di Suriah. Menurutnya konflik di Suriah sangat kompleks, melibatkan banyak kepentingan baik dari negara-negara besar maupun kelompok-kelompok yang menamakan dirinya ‘Jihadis’.

Fatwa-fatwa ‘jihad’ yang banyak dikumandangkan berbagai kelompok turut memeruncing konflik. Syekh Adnan berpendapat fatwa ini bertentangan dengan ruh Islam, tidak sejalan dengan prinsip dan kaedah jihad yang diperintahkan agama.

“Bagaimana dengan dampak puluhan, ratusan, hingga ribuan korban yang meninggal akibat fatwa itu? Entah anak-anak, perempuan, lansia, dan seterusnya. Islam menjaga keutuhan nyawa. Lantas apakah kita akan menamakan perang yang membunuhi umat Islam sendiri itu sebagai jihad?” seperti yang redaksi kutip dari wawancara Syekh Adnan dengan Republika pada tahun 2016.

Syekh Adnan sangat aktif menyuarakan pentingnya tasawuf dalam setiap kesempatan, termasuk terlibat dalam pembentukan Forum Sufi Dunia yang diketuai oleh Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Selain sebagai Mufti Damaskus, Syekh Adnan juga menjadi anggota di Dewan Ilmiah di Kementerian Wakaf, pengawas umum Pusat Cham Islam Internasional dalam menghadapi ekstremisme.

Rekomendasi
Komentar
Loading...