Tarekat Halveti-Jerrahi (Tarekat Khalwatiyyah Jerrahiyyah)

Tarekat Halveti-Jerrahi (Tarekat Khalwatiyyah Jerrahiyyah) adalah tarekat Sufi yang berasal dari silsilah Halveti (Khalwatiyyah). Pendirinya adalah Syaikh Muhammad Nuruddin Al-Jerrahi, yang tinggal di Istanbul dan dimakamkan di Tekke di Karagumruk – Istanbul. Selama periode Ottoman (Kesultanan Ustmaniyah Turki) tarekat ini telah menyebar ke seluruh Balkan, terutama Makedonia dan Yunani selatan (Morea).

Didirikan pada abad ke-17 oleh Syekh Muhammad Nuruddin al-Jerrahi yang menggerakkan tarekat ini menjadi sebuah organisasi bantuan budaya, pendidikan dan sosial dengan anggota dari beragam profesional, etnis dan kebangsaan.

Syaikh Muhammad Nuruddin Al-Jerrahi adalah keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW baik dari ibu dan ayahnya. Tarekat yang ia dirikan didedikasikan untuk ajaran dan tradisi, melalui rantai yang tak terputus dari transmisi spiritual (silsilah), hingga kepada Nabi Muhammad SAW.

Pusat Tarekat Halveti-Jerrahi berada di Karagumruk – Istanbul. Ini memiliki cabang di beberapa negara Eropa, Australia, Afrika Selatan, Amerika Selatan dan Amerika Utara, termasuk Los Angeles, New York, Meksiko, San Francisco, Toronto dan Chicago.

Pada beberapa zawiyah (tempat pertemuan para murid tarekat) Tarekat Halveti-Jerrahi para darwis melakukan rangkaian dzikir, praktek musik sufi, perjamuan makan malam, berdoa bersama dan mendengarkan tausiyah (sohbet) dari para pemimpin mereka.

Tarekat ini dibawa ke negara-negara barat oleh Silsilah Tarekat Halveti-Jerrahi ke-19 Syekh Muzaffer Ozak (juga dikenal sebagai “Muzaffer Efendi”), yang meninggal pada tahun 1985. Dari tahun 1985 sampai tahun 2000 penerusnya adalah adalah Sefer Efendi Dal al-Jerrahi al-Halveti. Sejak tahun 2000 penerusnya adalah Syekh Tugrul Efendi.

Dalam perkembangannya tarekat ini banyak melakukan usaha kemanusiaan antara lain: mengkoordinasikan upaya bantuan untuk pengungsi Afghan, korban banjir Bangladesh, korban gempa Turki, pengungsi Palestina dan anak-anak Kurdi di Irak juga mensponsori mahasiswa dari Afrika Selatan dan Turki yang mengungsi.

Sebagai tanggapan terhadap genosida di Bosnia dan Herzegovina Tarekat Halveti – Jerrahi mengembangkan program konseling sebaya untuk membantu para korban pemerkosaan sistematis oleh militer Serbia. Pada musim gugur 1993 Fellowship of Reconciliation (FOR) bergabung dengan tarekat ini mendirikan proyek Mahasiswa Bosnia.

Dalam menanggapi genosida di Kosovo perwakilan dari Halveti-Jerrahi mengunjungi perbatasan Albania dari Kosovo dan telah menyumbangkan pakaian, makanan, obat-obatan dan uang. Tarekat ini membantu 120 perempuan dan anak-anak yang dalam perawatan seorang pensiunan Albania.

Tarekat Halveti-Jerrahi juga telah membawa guru-guru dibedakan ke Amerika Serikat untuk berbicara tentang mistisisme (tasawuf), meng-organize konser tarian sufi, menerbitkan belasan buku tasawuf, membantu orang-orang lapar dan tunawisma, menyosialisasikan kesadaran penyalahgunaan zat-zat terlarang (narkotika), membantu rehabilitasi orang-orang yang di penjara dan memberikan pelatihan-pelatihan untuk beberapa sumber daya dalam beberapa komunitas agama.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...