Tiga Negara Ini Mulai Membangun Internet Sendiri

Di era global dan digital, manusia bisa dibilang tidak bisa dipisahkan dari internet. Lihat saja, pergaulan dan interaksi sebagian dari kita saat ini lebih banyak terjadi di media sosial.

Namun, di tengah maraknya warga global yang melek internet dan maraknya kejahatan siber, serta pencurian data, ada beberapa negara yang tengah merintis kedaulatan internet di negerinya sendiri.

Negara mana saja yang tengah berupaya untuk mengembangkan internet secara mandiri? Berikut dikutip dari narasitech.

India

Negara dengan penduduk terbedar sedunia ini sedang mencoba membuat internet sendiri. Pemerintah India juga membatasi sejumlah aplikasi asal China seperti TikTok dan WeChat.

Dalam langkah awalnya, India juga merilis aplikasi “Koo: The Voice of India” yang mirip twitter di tahun 2020. Aplikasi ini mulai popular setelah disebut Perdana Menteri India Narendra Modi dan telah diunduh 3,3 juta kali sepanjang 2021.

Rusia

Untuk menghindari ancaman kejahatan siber, pemerintah Rusia memilih untuk membangun jaringan internet lokal atau intranet bernama ‘RuNet’. Langkah ini diambil agar bisa lepas dari koneksi internet global.

Pemerintah Rusia mengumumkan telah sukses melakukan uji coba RuNet pada Desember 2019 dan menjadikan intranet terbesar di dunia. RuNet sendiri dapat berfungsi tanpa mengakses DNS global dan internet eksternal.

China

Dengan penduduk 1,4 miliar, pada akhir tahun 2020 pengguna internet di China sudah mencapai 1 miliar penduduk. China memang terkenal memiliki aturan ketat terkait penggunaan internet. Dengan mengerahkan puluhan ribu polisi cyber, China telah memblokir ribuan situs asing.

Pada tahun 2018, China memiliki perusahaan internet di dunia yang mampu menyaingi Amerika. Perusahaan teknologi raksasa China, Tencent mengungkap rencana membuat markas besar berupa kota futuristik yang dijuluki Net City pada tahun 2020 lalu.

Karena internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat dunia, maka sudah selayaknya pula. Indonesia mulai merintis kedaulatan internet untuk negeri sendiri.

Cinta tanah air bukan hanya diwujudkan melalui ungkapan, slogan dan tulisan. Cinta tanah air harus dibuktikan dalam menjaga kedaulatan negeri termasuk di balik ancaman internet.

Oleh karena itu, kemandirian dalam pengadaan infrastruktur internet dan aturan yang melindungi anak bangsa secara lahir batin amatlah diperlukan.

Rekomendasi
Komentar
Loading...