Tim Pengendali Bis Shalawat Siap Melayani Sepenuh Hati

Makkah – Kurang lebih 231.000 Jamaah Haji Indonesia akan berkumpul di Makkah sejak tanggal 6-15 Dzulhijjah 1440 H dalam rangka menunaikan rukun Islam yang ke-5 sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt.

Ada diantara mereka yang mungkin baru mendaftar 2 tahun yang lalu, dan tahun ini langsung berangkat. Namun tak jarang mereka yang harus menyisihkan uang berpuluh-puluh tahun, ditambah mereka harus menunggu minimal 15 tahun untuk bisa berangkat ke tanah suci.

Ada diantara mereka yang sudah sempat umrah beberapa kali, bahkan mungkin setiap tahun.

Petugas haji Indonesia tahun 2019 siap melayani jamaah. (Foto IG: haririang)

Namun banyak diantara mereka yang mungkin melihat kakbah saja baru bisa lewat sajadah, naik pesawat dan menginap di hotel mungkin hanyalah mimpi selama ini. Apalagi tinggal di luar negeri dalam waktu yang cukup lama, tak pernah ada bayangan itu dalam benak mereka.

Ada diantara mereka yang masih berusia belia, berfisik dan stamina kuat. Namun banyak diantara mereka yang untuk sekedar duduk di kursi roda saja sulit, apalagi untuk berjalan.

Mungkin Hanya satu yang ada di benak mereka yang berketerbatasan, “hidup atau mati itu kuasa Allah. Yang penting bisa berangkat ke tanah suci, apapun resikonya.” Maka, tidak alasan untuk bersantai-santai.

Membiarkan mereka yang tengah mewujudkan mimpi besarnya dengan pelayanan yang seadanya. Hanya pelayanan yang maksimallah yang akan semakin membuat mereka betah dan bahagia selama menjalankan ibadah. Jangan sebaliknya, kita mengambil manfaat dari mereka.

Petugas haji Indonesia tahun 2019 siap melayani jamaah. (Foto IG: haririang)

Jangan jadikan mereka sebagai objek pemuas nafsu dunia kita. Tapi jadikanlah mereka sebagai ladang amal ibadah kita melalui khidmah kita kepada mereka. Bayangkan mereka kelak semua akan bersaksi dihadapan Allah atas khidmah kecil kita bagi mereka.

Jadilah pelayan tamu Allah yang baik. Dengan niat utama melayani Allah Swt. Jika kita betul-betul totalitas dalam melayani Allah dan tamu-tamu Nya yang mulia, kelak Allah Swt lah yang akan melayani kita dengan sebaik-baiknya.

Makkah Al Mukarramah
13 Juli 2019

(Ditulis oleh Ust. M. Ruhiyat Haririe, Ikhwan TQN PP Suryalaya bertugas melayani jamaah Haji tahun 2019, Coordinator of OISAA Mid East and Africa Region, OIU Sudan – Islamic Studies ‘15) 

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...