Tol Layang Jakarta-Cikampek Segera Beroperasi, Insya Allah ke Tasikmalaya Bisa Lebih Cepat

Jakarta – Ikhwan dan akhwat yang rutin manaqib ke Pontren Suryalaya, khususnya domisili di Jakarta tentu kerap menghadapi kemacetan di jalan tol Cikampek.

Bagaimana tidak macet, ada pembangunan Light Rapid Transit (LRT), tol layang (elevated tol), tol Cibitung-Cilincing dan kereta cepat Jakarta-Bandung di jalur yang berdekatan. Pesatnya pertumbuhan industri dan perumahan di Bekasi hingga Karawang meningkatkan arus orang dan barang.

Tergerusnya luas jalan karena pembangunan, tidak disiapkannya jalur alternatif yang proporsional, jumlah kendaraan baik pribadi dan truk yang melintas menghasilkan kemacetan yang luar biasa. Belum jika ada kecelakaan.

Setiap tanggal 11 bulan Islam, Pontren Suryalaya Tasikmalaya mengadakan Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani (qs). Ikhwan-akhwat dari berbagai daerah berduyun-duyun menuju ke sana untuk mengikuti amaliah bulanan.

Khusus yang domisili di Jakarta dan sekitarnya pasti merasakan kemacetan di tol Cikampek. Insya Allah akhir tahun ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan meresmikan operasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

“Pembersihan dan pemasangan marka jalan sedang dilakukan di proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Tol layang diperuntukkan untuk kendaraan golongan I seperti; sedan, jip, pikap, truk kecil dan bus. Sedangkan golongan II hingga V harus lewat tol di bawah (tol Cikampek).

Lokasi tol layang berada di antara Simpang Susun Cikunir dan Gerbang Tol Karawang Barat.

“Mudah-mudahan jalan tol layang dapat beroperasi tepat waktu. Lumayan bisa ngolongin jalur industri sampai Karawang sehingga tidak bertemu rombongan truk yang berjalan lambat,” ujar Teguh ikhwan TQN dari Kemayoran, Jakarta Pusat.

Rencananya tol layang sepanjang 38 km dapat digunakan pada liburan Natal dan Tahun Baru. Setelah dioperasikan akan ada masa sosialisasi bagi pengguna selama 2 minggu hingga 1 bulan. Pengguna jalan tol layang selama masa sosialisasi tidak akan dikenai tarif alias gratis.

Jadi, ikhwan-akhwat TQN di Jakarta dan sekitarnya yang ingin menghadiri manaqib 11 Jumadil Awal atau 6 Januari 2020 sudah bisa melewati tol layang. Are you ready? (Idn)

 

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...