TQN Bandung Barat Gelar Ataqoh Kubro, 500 Jamaah Baru Ikut Talqin Dzikir

TQN Bandung Barat Gelar Ataqoh Kubro, 500 Jamaah Baru Ikut Talqin Dzikir

Bandung – Dalam acara Ataqoh Kubro Jelang Ramadhan Sabtu (12/5) di Kabupaten Bandung Barat, Mudir Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) KH. Wahfiudin Sakam menyampaikan talqin dzikir bagi sekitar 500 jamaah baru.

Menurut Ketua Yayasan Serba Bakti (YSB) Pontren Suryalaya Perwakilan Kab. Bandung Barat H. Supadi, acara yang digelar di Masjid Jami Baitul Amanah, Cikamuning Sadang, Ciburuy, Padalarang ini dimulai sekitar pukul 20.00 WIB.

Dalam sambutannya ia berterimakasih kepada Kyai Wahfiudin yang selalu membimbing ikhwan TQN di Bandung Barat. “Alhamdulillah setiap tahun beliau selalu mengunjungi kami untuk melakukan pembinaan,” ujarnya.

“Saat ini sudah ada sekitar dua belas ribu ikhwan TQN di Bandung Barat. Di setiap kecamatan ada majelis manaqib. Alhamdulillah jumlah ikhwan terus meningkat dari yang sebelumnya hanya dua ribu saat pengurus baru dilantik tahun 2014,” sambungnya.

Sebelum proses talqin, Kyai Wahfiudin menjelaskan pentingnya menata qalbu menuju Ilahi dengan dzikrullah. Ia menjelaskan dzikir mempunyai dua makna. Yang pertama adalah bermakna menyebut. “Bisa menyebut dzat, sifat, martabat maupun ayat. Yang namanya menyebut terdengar suara dan terlihat mulut mengucapkan. Inilah yang dikenal dengan dzikir jahri,” ujarnya.

“Sementara makna dzikir yang kedua adalah mengingat, mengenang, merasakan, menyadari. Inilah yang kita kenal dengan dzikir sirri,” lanjut ia menjelaskan.

Wakil Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Pusat ini mengutip surat al-Mulk ayat 13 yang artinya, “Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.”

Setelah selesai talqin dzikir, Haji Supadi berharap ikhwan yang lama dapat terus mendampingi yang baru agar istiqamah dalam mengamalkan. “Insya Allah jika istiqamah akan mudah membantu menyebarkan dakwah TQN minimal ke keluarga dan kerabatnya.”

Ketua perwakilan yang dilantik tahun 2014 ini mengucapkan apresiasinya kepada tim dakwah dan riyadhah YSB Perwakilan Bandung Barat, khususnya Ustadz Muhammad Syahrum yang berhasil menyelenggarakan kegiatan. “Banyak jamaah baru yang hadir dari Padalarang, Cipendeuy, Cikalong, Cililin, bahkan ada yang dari Kota Bandung,” tutupnya. (Idn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *