TQN Mesir, Kuliah, Organisasi dan Bisnis

Kairo – Dakwah bisa dilakukan di mana saja, kapan saja. Ini yang sedang dilakukan para pengamal TQN Pontren Suryalaya di Kairo, Mesir. Jauh dari tanah air, tidak membuat mereka surut. Sebaliknya, semakin bersemangat mengembangkan dakwah tarekat khususnya bagi mahasiswa Indonesia di negeri Piramida.

Setelah kunjungan wakil talqin KH. Wahfiudin Sakam awal tahun kemarin, anak-anak muda yang sedang studi di Universitas Al-Azhar ini terus berbenah. Upaya memperkuat internal penggerak dakwah, mengembangkan media, menyiapkan program hingga menjalin hubungan lintas organisasi dilakukan.

Kehadiran Kiai Wahfiudin selama 1 pekan berdampak langsung pada perkembangan ikhwan. Puluhan mahasiswa mengikuti kursus tasawauf dan menerima talqin dzikir. Kegiatan amaliyah yang pada awalnya hanya diikuti tidak lebih dari 5 orang, kini dihadiri bisa hingga lebih dari 40 orang.

Manaqib diadakan setiap hari sabtu pertama di awal bulan, bakda ashar (waktu Mesir).

Saat Idul Qurban, berkah karamah guru mursyid, TQN Mesir mengadakan penyembelihan 2 unta dan 4 domba. “Alhamdulillah selain dapat berbagi terhadap sesama, ini menjadi media syiar TQN juga,” terang Muhammad Husni Abdul Aziz, Ketua TQN Mesir.

Muhammad Iqbal, salah satu kader penggerak menambahkan jika program yang dijalankan tidak hanya terkait amaliyah. “Kami juga mengadakan futsal, traveling, bedah buku serta beberapa kursus,” terangnya.

TQN Mesir juga aktif menggunakan media sosial untuk syiar, seperti facebook, instagram, twitter, blog dan youtube. Bahkan mereka telah memiliki portal informasi dan berita tqnmesir.com dan unit usaha online nilestore. Mungkin ini salah satu kelebihan generasi milenial yang sudah akrab dengan perkembangan teknologi infokom.

Anak-anak muda ini menjalin silaturrahim dengan berbagai lintas organisasi seperti PCINU, PPMI,serta komunitas-komunitas mahasiswa dari berbagai daerah maupun luar negeri.

“Waktu Kiai Wahfi ke mengunjungi kami di Mesir, alhamdulillah ada beberapa mahasiswa dari Singapura, Malaysia dan Thailand yang menerima talqin dzikir,” kata Muhamamad Reza.

Sekretariat TQN Mesir yang beralamat di Imarah 93, Lantai 1-Darb Syughlan Darrasah semakin padat dengan berbagai kegiatan. Mulai dari amaliyah harian, mingguan dan bulanan, kursus-kursus pengembangan kompetensi diri, penyaluran hobi, usaha online dan kegiatan kaderisasi.

Nah, jika ada di antara kamu, rekan maupun keluarga yang sedang studi di Mesir silakan bergabung dengan TQN Mesir. Insya Allah akan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, kuliah, organisasi, dan bisnis.

Semoga cita-cita memiliki sekretariat permanen agar dakwah bisa lebih terstruktur dan berdampak panjang dapat terwujud. Bibarakati wakaramati Pangersa Guru, Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin (qs), al-Fatihah.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...