TQNNews Adakan Rihlah Shufiyah, Jelajah Jakarta

Jakarta – Jakarta adalah kota metropolitan, identik dengan pusat bisnis, gedung pencakar langit, penduduk yang heterogen dan padat. Apakah sahabat tau bagaimana perjuangan para ulama dahulu di tanah betawi? Siapa saja ulama itu? Kapan masa hidup mereka? Hasil karya yang ditinggalkan?

Ternyata Jakarta memiliki banyak Ulama shalih, para Waliyullah!

Sebagai portal informasi dan berita tarekat, khususnya TQN Pontren Suryalaya, TQNNews bekerjasama dengan AyoKitaJalan.com mengadakan Rihlah Shufiyah, Jelajah Jakarta.

Ketua penyelenggara, Ustadz Teguh Biyanto mengatakan program ini adalah upaya mengenal, mengunjungi dan meneladani para ulama yang berjasa mengembangkan dakwah di tanah Jakarta.

Rombongan Jelajah Jakarta di Makam Guru Marzuki.

Peserta sebanyak 21 orang berangkat pukul 07.30 dari TQN Center, Masjid al-Mubarak Rawamangun. Destinasi pertama adalah Pangeran Jayakarta, dilanjutkan ke Makam Guru Marzuki dan Guru Ghani.

“Diiringi hujan deras sebelum keberangkatan, Alhamdulillah saat pelaksanaan cuaca terang cerah,” ungkap Teguh.

Ustadz Kholis, panitia yang mendampingi menyampaikan rombongan Jelajah Jakarta tiba di Makam Guru Mughni Jl. Kayu Putih Utara 3 sekitar pukul 10:05.

“Setelah dzikir dibimbung oleh Ust. H. Andhika Darmawan, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kampung Bandan,” terang alumni Pesantren Asshidduqiyah.

Rombongan Jelajah Jakarta di Makam Keramat Kampung Bandan.

Di areal kompleks masjid ada beberapa makam para habib di antaranya Habib Mohammad bin Umar Al-Qudsi (wafat pada 23 Muharram 1118 H), Habib Ali bin Abdurrahman Ba’Alwi (wafat 15 Ramadhan 1122 H), dan Habib Abdurahman bin Alwi Asy-Syathri (wafat 18 Muharam 1326 H), pendiri masjid.

Setelah santap siang dan shalat dzuhur rombongan melanjutkan ziyarah ke Makam Luar Batang dan Habib Ali Kwitang.

“Alhamdulillah rombongan tiba di TQN Center dengan perasaan senang dan bahagia. Peserta berharap kegiatan ini bisa rutin dijalankan agar lebih mengenal para ulama di tanah Jakarta,” tutupnya. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...