UIII Akan Menjadi Pusat Peradaban Islam di Timur

Depok – Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia atau UIII di Cimanggis, Depok telah dimulai sejak pertengahan tahun 2018. Sudah banyak kemajuan dengan target selesai pada 2021.

Wapres Jusuf Kalla saat meninjau proyek pembangunan Selasa (15/10) mengatakan penjajakan kerjasama dengan berbagai pihak mendapatkan tanggapan yang sangat baik. Setidaknya ada 3 rencana kerjasama; ahli-ahli, bahasa dan pertukaran mahasiswa.

“Karena ini kerjasama antar agama, jadi di sini juga diterima mahasiswa nonmuslim,” tutur JK seperti yang redaksi kutip dari kompas.

Beberapa duta besar yang ikut menemani Jusuf Kalla antara lain dari Turki, Inggris, Australia, Jepang, Amerika. Sedangkan dari pemerintah menlu, menkominfo, menteri aparatur negara dan reformasi birokasi serta menristek.

Universitas Islam Internasional Indonesia di Cimanggis Depok. Foto: UIII.ac.id.

UIII dibangun di atas lahan seluas 142,5 ha. 30 persen lahan digunakan untuk bangunan dan 70 persen berupa lahan hijau uhtuk perlindungan flora dan fauna.

Rektor UIII Prof Komaruddin Hidayat mengatakan penekanan pendidikan pada Islam wasatiyah yang menjadi ciri Islam di Indonesia. Kedepannya sangat mungkin dibuat program studi interreligious study atau sering disebut studi perbandingan agama.

Kampus yang beralamat lengkap di Jalan Raya Bogor KM. 33.5 akan mendatangkan profesor dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Arab, Jepang dan Eropa.

UIII diharapkan bisa menjadi pusat peradaban Islam, menghasilkan lulusan-lulusan yang memegang teguh Islam wasatiyah. Kita ingin membuat center di Timur,” tutur Jusuf Kalla. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...