Wisata Religi Semakin Diminati Masyarakat Indonesia

Jakarta – Wisata kini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan. Saat ini mereka cenderung ingin melakukan perjalanan lebih lama, lebih jauh dan lebih sering. Beragam alasan kenapa mereka ingin berwisata seperti, menghabiskan waktu bersama keluarga, refreshing, berkelana, mencari sesuatu yang baru bahkan memanjakan diri dan bersantai.

Salah satu produk wisata yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini adalah wisata religi. Berdasarkan penelitian yang disampaikan oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara, dalam kurun lima tahun terakhir ada kenaikan hingga 165 persen perjalanan wisata yang didasarkan pada keyakinan atau wisata religi.

“Dari banyak keanekaragaman wisata di Indonesia, ada potensi untuk digali, diperkuat dan dioptimalkan. Wisata religi jadi pembeda dan ciri khas bangsa Indonesia,” ujar Ukus Kuswara seperti dikutip Antara pada (22/11/2015). Hal ini tampak dari “laku kerasnya” paket-paket wisata religi baik domestik maupun luar negeri yang ditawarkan berbagai biro perjalanan dan komunitas.

Salah satunya adalah komunitas pengamal tarekat di Kalimantan Barat. Untuk para pengamal tarekat khususnya TQN Suryalaya tentu sudah akrab dengan Syaikh Ahmad Khotib Sambas. Menurut Sekretaris Yayasan Serba Bakti PP Suryalaya Korwil Kalbar, Bilal, paket wisata religi yang Ia tawarkan dikombinasikan dengan wisata sejarah dan kuliner.

“Insya Allah kami adakan kembali bulan depan tanggal enam hingga sembilan februari. Kita akan lakukan napak tilas di kampung Syaikh Ahmad Khatib Sambas, silaturrahim dengan wakil talqin TQN Suryalaya, ziyarah ke makam auliya,” ujar Bilal. Ia lalu menambahkan wisatawan akan diajak menikmati kuliner khas di Singkawang dan Pontianak serta menyusuri sungai Kapuas ditemani pisang goreng srikaya khas Pontianak.

“Kami optimis wisata religi di Kalbar akan terus berkembang. Selain bisa mengisi liburan, tentunya juga menambah Iman. Insya Allah berkah dunia dan akhirat” pungkasnya. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...