World Zakat Forum akan Gelar Konferensi Fikih Zakat di Kuala Lumpur

Malaysia – World Zakat Forum (WZF) akan menyelenggarakan konferensi internasional tentang fikih zakat pada 25 – 27 November. Konferensi yang akan dihelat di Hotel Sunway Putra, Kuala Lumpur Malaysia ini menghadirkan pembicara dari berbagai negara seperti Prof. Dr. M. Amin Suma (Indoneisa), Dr. Ali Qurrah Daghi (Qatar), Abd. Sattar Abu Ghuddah (Arab Saudi) serta Datuk Dr. Zulkifli Moh. Al Bakri (Malaysia).

Menurut Sekretaris Jenderal WZF, Ahmad Juwaini, konferensi ini bertujuan untuk mendapatkan kesepahaman baru dalam fikih zakat. Ada berbagai isu pengelolaan zakat yang akan diangkat antara lain, pendistribusian zakat ke negara, dan besaran dana amil atau hak yang boleh diambil oleh pengelola zakat. “Kita perlu meng-update perkembangan terbaru terkait (terobosan hukum) fikih di bidang zakat,” ujarnya.

Rencananya konferensi ini akan diikuti ratusan perwakilan dari berbagai lembaga zakat di dunia seperti dari Afrika Selatan, Mesir, Oman, Suriah, Inggris, dan berbagai negara lainnya.

Salah seorang dewan penasehat syariah Dompet Dhuafa, KH Wahfiudin Sakam sangat mendukung terselenggaranya konferensi ini. “Hasil dari konferensi ini akan banyak dibutuhkan oleh lembaga zakat. Insya Allah saya pun akan berangkat menghadiri konferensi WZF di Kuala Lumpur,” tegasnya. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...