Masjid Bercorak Tiongkok di Seberang Pasar Beringharjo

Yogyakarta – Kamu yang senang travelling ke Yogyakarta pasti mengenal Malioboro, salah satu kawasan wisata yang legendaris. Setiap hari kawasan yang menyajikan beragam aktivitas belanja tradisional dan modern ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Kalau kamu sedang di Malioboro coba mampir ke Masjid Siti Djirzanah di seberang Pasar Beringharjo. Rumah ibadah yang diresmikan pada Jum’at 10 Agustus 2018 ini memiliki corak khas Tiongkok. Fasad masjid dilekatkan tulisan Mandarin, Qingzhensi yang artinya masjid.

Baca juga: LDTQN Jakarta Hari Ini Mulai Program Khalwat 40 Hari

Menurut salah seorang pengurus masjid, pada awalnya konsep desain yang direncanakan bercorak Timur Tengah dengan kubah di atas. Karena lokasi berada di kawasan wisata Malioboro yang memiliki sejarah desain bangunan Pecinan, Dinas Kebudayaan menyarankan agar masjid dibangun dengan corak Tiongkok.

Sedekah digital.

“Sebelum menjadi masjid, bangunan di lahan seluas 147 meter persegi ini adalah ruko untuk usaha batik dan oleh-oleh,” ujar Ridwan.

Sedangkan nama Siti Djirzanah diambil dari nama ibu mantan Walikota Jogya Herry Zudiyanto. Selepas ibunya wafat pada 2015, ia bersama kedua adiknya Ellys Yudhiantie dan Rudi Sastiawan berkeinginan untuk membangun sebuah masjid. Gayung bersambut, tidak lama kemudian ia mendapat kabar ada toko di kawasan Malioboro yang ingin dijual.

Baca juga: Bismillah Khalwat 40 Hari Resmi Dibuka

Sebagai orang yang dibesarkan di Malioboro Herry sangat memahami tingginya kebutuhan salat bagi pengunjung yang beraktivitas di sana.

Interior masjid.

“Masjid yang kental dengan warna biru ini memiliki 2 lantai. Lantai atas untuk ikhwan dan bawah untuk akhwat.” ujar admin TQNNews saat mengunjungi ke sana.

Dalam pengelolaan masjid dibentuk yayasan yang juga mengurusi panti asuhan dan pondok pesantren. “Untuk yang ingin sedekah bisa menggunakan aplikasi fintech. Keren,” pungkas Idhan.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi