Tips Mudah Agar Suka Membaca Buku

Tidak semua orang suka membaca buku. Ada yang lebih suka mendengarkan atau menonton. Hadirnya teknologi memang banyak memberi pilihan alternatif bagi seseorang untuk menambah wawasan dan memperkaya ilmu pengetahuannya.

Meski begitu buku tak pernah kehilangan posisinya sebagai teman terbaik. Ia tak pernah mengeluh meski diabaikan, ia tak pernah jumawa meski kita taburi ia dengan sejuta pujian. Ia bisa selalu menemani kita dalam setiap kondisi.

“Buku bukan hanya jendela dunia, buku adalah dunia yang selalu terbuka. Siapa yang tekun membaca, niscaya wawasannya luas tak terkira,” ungkap Najwa Shihab yang merupakan Duta Baca Indonesia 2016-2020.

Untuk suka membaca buku, selalu ada caranya. Seperti cinta yang datang karena terbiasa, begitu pun dengan membaca. Maka bacalah buku yang kamu anggap menarik. Semoga dengan begitu minat membaca kamu akan tumbuh.

Kemudian, biasakan untuk membaca rutin setiap hari. Walau tidak harus lama, tetapi konsisten dalam membaca akan membuat kamu rutin membaca dan pada akhirnya bisa ketagihan jika tidak membaca sehari saja.

Selain itu, cobalah untuk menjelajah ragam buku. Kamu bisa mengunjungi toko buku, perpustakaan, marketplace, website penerbit, e-katalog perpustakaan dan lain sebagainya. Bisa jadi kamu bukan tak suka membaca, tapi belum menemukan buku yang kamu suka.

Kalau kamu sudah melakukan tips di atas tapi belum juga meningkat gairah membaca, maka cara selanjutnya ialah cari teman yang suka membaca. Hunting buku bersama teman atau bergabung dengan komunitas yang hobi membaca. Karena boleh jadi kamu hanya perlu motivasi dari teman.

Terakhir, jangan lupa untuk menonaktifkan medsos secara berkala khusus untuk membaca, misalnya satu jam. Karena tak jarang kalau sudah asyik bermedsos waktu tak terasa cepat melaju. Apalagi medsos memang didesain untuk bikin candu.

Dan yang terpenting ialah niatkan bahwa membaca ialah ibadah. Sehingga aktivitas membaca bukan hanya meningkatkan literasi, memperkaya wawasan serta meluaskan pandangan, tapi juga bagian dari membaca ayat-ayat Allah yang berserakan. Dan bisa mengantarkan kamu lebih dekat pada-Nya.

Rekomendasi
Komentar
Loading...